Jumat, 11 Maret 2016

          Tempat tinggal makhluk hidup adalah bumi. Mereka ada yang tinggal di lautan, daratan, pegunungan, gurun dan pantai. masing-masing lingkungan lingkungan tersebut mempunyai keaadan yang berbeda. Misalnya, udara di pegunungan dingin dan banyak pepohonan, sedangkan udara di gurun panas dan jarang terdapat pepohonan. Akibatnya, makhluk hidiup yang menempati tempat hidup berbeda mempunya ciri-ciri yang berbeda pula. Ciri-ciri hewan atu tumbuhan yang hidup di prgunungan tidak sama dengan hewan atau tumbugan yang hidup di gurun. Hewan atau tumbuhan yang menempati lingkungan tertentu mempunyai ciri khusus yang memungkinkan hidup di lingkungannya. Ciri khusus itu berguna untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

a. Ciri khusus hewan yang hidup di air atau di lingkungan lembab.
        Tumbuhan yang hidup di air umumnya memiliki batang berongga. contoh tumbuhan yang memiliki batang berongga yaitu eceng gondok, kangkung dan genjer. batang berongga tersebut berisi udara sehingga tanaman dapat mengapung di air. tumbuhan yang hidup di air dan lingkungan lembab memiliki dan yang lebar dan tipis, misalnya teratai, lotos, talas dan keladi


 b.Ciri khusus tumbuhan yang hidup di gurun
          Contoh tumbuhan yang hidup di gurun adalah kaktus. tumbuhan yang hidup di gurun umumnya berdaun kecil menyerupai duri. daun kecil menyerupai duri ini umumnya untuk mengurangi penguapan air.









c. Ciri khusus tumbuhan pantai.
           Tumbuhan yang hidup di pantai misalnya tumbuhan Bakau (Mangrove). tumbuhan yang hidup di pantai umumnya mempunyai akar nafas yang muncul di permukaan air. akar nafas ini digunakan untuk melakukan pertukaran oksigen.











Soal:

Apa fungsi bakau????
mencegak abrasi

0 komentar:

Posting Komentar